Selasa, 15 April 2014

Internal Branding PT. BMKU (Barokah Mitra Karya Unggul—Mitra Produksi Sigaret Sampoerna)



1. Gambaran Umum Perusahaan
PT. BMKU-Barokah Mitra Karya Unggul adalah mitra produksi PT. HM SAMPOERNA yang memproduksi Dji Sam Soe sigaret kretek tangan. Terletak di JL. Raya Pasuruan-Bangil KM 5 Desa Baujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.  Perseroan PT. HM SAMPOERNA  berkerja sama dengan 38 unit Mitra Produksi Sigaret (MPS) yang berada di berbagai lokasi di Pulau Jawa dalam memproduksi Sigaret Kretek Tangan. Total karyawan ada 1600 dimana 80% nya adalah wanita dan sisanya laki-laki.

Tidak berbeda dengan pusatnya, yaitu PT. HM SAMPOERNA Tbk, PT. BMKU mempunyai visi yang terkandung dalam “Falsafah Tiga Tangan”. Falsafah tersebut mengambil gambaran mengenai lingkungan usaha dan peranan Sampoerna di dalamnya. Masing-masing dari ketiga ”Tangan”, yang mewakili perokok dewasa, karyawan dan mitra bisnis, serta masyarakat luas, merupakan pihak yang harus dirangkul oleh Sampoerna untuk meraih visi menjadi perusahaan paling terkemuka di Indonesia.

2. Budaya Organisasi
Budaya organisasi merupakan gambaran bagaimana keadaan di dalam sebuah organisasi sehingga jika budaya organisasi baik maka hubungan internal di dalamnya juga baik. Dengan budaya organisasi itu juga dapat menimbulkan kesan khas dan membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan yang lainnya. Manfaat dari budaya organisasi adalah menciptakan perasaan saling memiliki dan bangga menjadi bagian dari perusahaan. PT. BMKU pun turut membentuk budaya organisasi dan nyatanya terbukti mampu membuat publik internalnya merasa nyaman dan bangga akan perusahaan.

Budaya organisasi yang ada di PT. BMKU dapat dilihat dari identitas fisik perusahaan yaitu logo, seragam, dan bentuk bangunannya. Seragam karyawan PT. BMKU berwarna putih dan hitam dan terdapat logo perusahaan PT. BMKU dan logo dari Sampoerna sendiri. Sedangkan buruh wajib memakai sepatu, topi, masker dan warna bajunya adalah biru, merah, putih, dan kuning. Bentuk gedungnya minimalis dan bagian luarnya berwarna hijau emas yang merupakan ciri khas dari perusahaan mitra usaha Sampoerna. Budaya organisasi yang lainnya bisa dilihat dari management support yang dilakukan atasan terhadap karyawan di bawahnya. Penggunaan media komunikasi yang memadai serta pemberian reward kepada karyawan yang mempunyai prestasi di perusahaan. Selain itu adanya rapat tahunan serta rekreasi bersama membuat budaya organisasi di dalam PT. BMKU menjadi semakin kental terhadap citra dari perusahaan itu di dalam publik internalnya.

3. Aliran Komunikasi Organisasi
Aliran informasi yang ada pada PT. BMKU adalah ke bawah dan horizontal. Ke bawah karena direktur memberikan kewenangan penuh kepada manajer-manajer bagian untuk melaksanakan tugasnya karena direktur percaya bahwa mereka memang berkompeten. Horizontal karena Komunikasi horizontal terdiri dari penyampaian informasi di antara rekan-rekan sejawat dalam unit kerja yang sama. Misalnya buruh memberitahukan informasi yang ia dapat kepada sesama buruh lainnya. Begitu pula manajer yang berkoordinasi antar divisi, berbagi informasi mengenai rencana dan kegiatan, untuk memecahkan masalah, memperoleh pemahaman bersama, mendamaikan, berunding, dan menengahi perbedaan yang ada.

Sifat aliran informasi ada tiga yaitu serentak, berurutan, dan kombinasi keduanya. Pada PT. BMKU penyebaran informasi ada dua yaitu serentak dan berurutan. Serentak yang menggunakan papan pengumuman—digunakan untuk menyampaikan informasi seperti kenaikan UMK, radio lokal KJ fm, dan broadcast message atau grup Blacberry Messenger (digunakan oleh supervisor, staff dan direksi). Berurutan yaitu sesuai struktur organisasi formal yang dimiliki. Media-media tersebut memudahkan sehingga penyebaran atau penyampaian informasi tidak harus dari atas ke beberapa divisi di bawahnya melalui meeting. Banyaknya karyawan yang ada membuat perusahaan membutuhkan komunikasi yang sangat efektif antara sesama karyawan agar tidak terdapat miss communication yang dapat menimbulkan suatu konflik. Menurut Manajer HRD, komunikasi adalah nomor satu dalam PT. BMKU ini.

Selain hal di atas, aplikasi langsung terjadi di PT. BMKU yaitu seperti berikut:
a. Dalam PT. BMKU ini semua karyawan (tidak termasuk buruh) mereka saling membantu satu sama lain. Misalnya, setiap hari ada jam-jam jadwal pembayaran upah buruh oleh bagian keuangan, karena bagian keuangan terbatas biasanya divisi lain yang tidak sedang on duty diminta untuk membantu membagikan upah buruh.
b. Jika ada perekrutan karyawan baru yang berhak memberikan interview adalah manajer dan jajarannya, direktur percaya penuh bahwa manajer berkompeten untuk menentukan kualitas pelamar dan manajer juga yang berhak menerima atau menolak para pelamar pekerjaan.

4. Media internal PT. BMKU
Media internal yang digunakan oleh PT. BMKU adalah
a. Rapat dan Telekonferensi
b. Papan Pengumuman
c. Radio lokal KJ Fm
Radio lokal disini sengaja dibuat untuk menyebarkan pesan secara serempak kepada buruh pabrik ketika berada di dalam pabrik. Pesan dapat berupa peringatan,mengingatkan,dan beberapa lagu yang di putar non-stop supaya dapat menjadi hiburan untuk semua karyawan pabriknya.
d. Group BBM (blackberry messenger)
Group BBM wajib dimiliki jajaran direksi, supervisor, dan staff. Hal ini memudahkan untuk menyampaikan apapun ke seluruh karyawan dalam waktu yang cepat dan dapat dilakukan dimanapun (tidak termasuk buruh).

5. Kegiatan Publik Internal PT. BMKU
Dalam waktu tertentu mengadakan family gathering yang diikuti oleh karyawan beserta keluarganya sebagai reward atas kerja yang karyawan capai. Seperti  dua tahun yang lalu mengadakan perjalanan dan family gathering ke Pulau Bali.

Setiap akhir tahun koperasi mengadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Pada acara RAT tersebut karyawan dengan jumlah pembelian terbanyak di Koperasi BMKU akan diajak out bond di luar perusahaan, untuk tahun ini out bond diadakan di Hotel Grand Trawas. Selain itu dalam RAT ini karyawan boleh membawa keluarga untuk ikut menginap di hotel dan biaya di tanggung oleh perusahaan. Hal itu bertujuan untuk membangun kebersamaan antar karyawan dan juga antar keluarga.   

Setiap memperingati hari ulang tahun PT BMKU pada bulan Juni, perusahaan menyajikan hiburan dan terdapat  doorprize bagi para buruh.

Beberapa kegiatan yang berkaitan dengan hubungan publik internal di atas tentunya sangat memberikan pengaruh pada kemajuan perusahaan. Family gathering bermanfaat sekali untuk mempererat hubungan antar karyawan, direksi/manajer melalui suasana yang lebih cair dan mungkin menambah link/kenalan dengan anggota keluarga lain. Pemberian reward atau bonus juga tentu menambah motivasi dan daya saing yang fair antar karyawan, antar tim untuk menjadi terbaik. Kegiatan-kegiatan seperti itu secara tidak langsung menciptakan iklim yang baik bagi perusahaan. Iklim yang baik dan sehat dalam sebuah perusahaan berpengaruh pada perilaku kerja orang-orang yang ada di dalamya sehingga nantinya perilaku itu akan berdampak pada hasil kerja mereka. Jika hasilnya baik dan perusahaan berhasil maju, tentunya mereka-mereka yang terlibat (publik internal-eksternal) juga merasa bangga. Misalnya si investor pasti merasa dihargai karena itu berarti modal yang mereka tanam tidak sia-sia. 

Sumber: Bapak Guanwan Wibisono, ST-Direktur PT. BMKU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar