1. Gambaran
Umum Perusahaan
PT. BMKU-Barokah Mitra Karya Unggul adalah
mitra produksi PT. HM SAMPOERNA yang memproduksi Dji Sam Soe sigaret kretek
tangan. Terletak di JL. Raya Pasuruan-Bangil KM 5 Desa Baujeng, Kecamatan Beji,
Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
Perseroan PT. HM SAMPOERNA
berkerja sama dengan 38 unit Mitra Produksi Sigaret (MPS) yang berada di
berbagai lokasi di Pulau Jawa dalam memproduksi Sigaret Kretek Tangan. Total
karyawan ada 1600 dimana 80% nya adalah wanita dan sisanya laki-laki.
Tidak
berbeda dengan pusatnya, yaitu PT. HM SAMPOERNA Tbk, PT. BMKU mempunyai visi
yang terkandung dalam “Falsafah
Tiga Tangan”. Falsafah tersebut mengambil gambaran mengenai lingkungan usaha
dan peranan Sampoerna di dalamnya. Masing-masing dari ketiga ”Tangan”, yang
mewakili perokok dewasa, karyawan dan mitra bisnis, serta masyarakat luas,
merupakan pihak yang harus dirangkul oleh Sampoerna untuk meraih visi menjadi
perusahaan paling terkemuka di Indonesia.
2. Budaya
Organisasi
Budaya organisasi merupakan gambaran bagaimana keadaan di dalam sebuah
organisasi sehingga jika budaya organisasi baik maka hubungan internal di
dalamnya juga baik. Dengan budaya organisasi itu juga dapat menimbulkan kesan
khas dan membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan yang lainnya. Manfaat
dari budaya organisasi adalah menciptakan perasaan saling memiliki dan bangga
menjadi bagian dari perusahaan. PT. BMKU pun turut membentuk budaya organisasi
dan nyatanya terbukti mampu membuat publik internalnya merasa nyaman dan bangga
akan perusahaan.
Budaya organisasi yang ada di PT. BMKU dapat dilihat dari identitas fisik
perusahaan yaitu logo, seragam, dan bentuk bangunannya. Seragam karyawan PT.
BMKU berwarna putih dan hitam dan terdapat logo perusahaan PT. BMKU dan logo
dari Sampoerna sendiri. Sedangkan buruh wajib memakai sepatu, topi, masker dan
warna bajunya adalah biru, merah, putih, dan kuning. Bentuk gedungnya minimalis
dan bagian luarnya berwarna hijau emas yang merupakan ciri khas dari perusahaan
mitra usaha Sampoerna. Budaya organisasi yang lainnya bisa dilihat dari management
support yang dilakukan atasan terhadap karyawan di bawahnya. Penggunaan media
komunikasi yang memadai serta pemberian reward kepada karyawan yang mempunyai
prestasi di perusahaan. Selain itu adanya rapat tahunan serta rekreasi bersama
membuat budaya organisasi di dalam PT. BMKU menjadi semakin kental terhadap
citra dari perusahaan itu di dalam publik internalnya.
3. Aliran Komunikasi
Organisasi
Aliran
informasi yang ada pada PT. BMKU adalah ke bawah dan horizontal. Ke bawah
karena direktur memberikan kewenangan penuh kepada manajer-manajer bagian untuk
melaksanakan tugasnya karena direktur percaya bahwa mereka memang berkompeten.
Horizontal karena Komunikasi
horizontal terdiri dari penyampaian informasi di antara rekan-rekan sejawat dalam unit kerja yang
sama. Misalnya buruh memberitahukan informasi yang ia
dapat kepada sesama buruh lainnya. Begitu pula manajer yang berkoordinasi antar
divisi, berbagi informasi mengenai
rencana dan kegiatan, untuk memecahkan masalah, memperoleh pemahaman bersama,
mendamaikan, berunding, dan menengahi perbedaan yang ada.
Sifat
aliran informasi ada tiga yaitu serentak, berurutan, dan kombinasi keduanya.
Pada PT. BMKU penyebaran informasi ada dua yaitu serentak dan berurutan.
Serentak yang menggunakan papan pengumuman—digunakan untuk menyampaikan
informasi seperti kenaikan UMK, radio lokal KJ fm, dan broadcast message atau grup Blacberry
Messenger (digunakan oleh supervisor, staff dan direksi). Berurutan yaitu
sesuai struktur organisasi formal yang dimiliki. Media-media tersebut
memudahkan sehingga penyebaran atau penyampaian informasi tidak harus dari atas
ke beberapa divisi di bawahnya melalui meeting.
Banyaknya karyawan yang ada membuat perusahaan membutuhkan komunikasi yang
sangat efektif antara sesama karyawan agar tidak terdapat miss communication yang dapat menimbulkan suatu konflik. Menurut
Manajer HRD, komunikasi adalah nomor satu dalam PT. BMKU ini.
Selain
hal di atas, aplikasi langsung terjadi di PT. BMKU yaitu seperti berikut:
a. Dalam PT. BMKU ini semua karyawan
(tidak termasuk buruh) mereka saling membantu satu sama lain. Misalnya, setiap
hari ada jam-jam jadwal pembayaran upah buruh oleh bagian keuangan, karena
bagian keuangan terbatas biasanya divisi lain yang tidak sedang on duty diminta untuk membantu
membagikan upah buruh.
b. Jika ada perekrutan karyawan baru yang
berhak memberikan interview adalah
manajer dan jajarannya, direktur percaya penuh bahwa manajer berkompeten untuk
menentukan kualitas pelamar dan manajer juga yang berhak menerima atau menolak
para pelamar pekerjaan.
4. Media
internal PT. BMKU
Media internal yang digunakan oleh PT.
BMKU adalah
a. Rapat dan Telekonferensi
b. Papan Pengumuman
c. Radio lokal KJ Fm
Radio
lokal disini sengaja dibuat untuk menyebarkan pesan secara serempak kepada
buruh pabrik ketika berada di dalam pabrik. Pesan dapat berupa peringatan,mengingatkan,dan
beberapa lagu yang di putar non-stop supaya dapat menjadi hiburan untuk semua
karyawan pabriknya.
d. Group BBM (blackberry messenger)
Group
BBM wajib dimiliki jajaran direksi, supervisor, dan staff. Hal ini memudahkan
untuk menyampaikan apapun ke seluruh karyawan dalam waktu yang cepat dan dapat
dilakukan dimanapun (tidak termasuk buruh).
5. Kegiatan
Publik Internal PT. BMKU
Dalam
waktu tertentu mengadakan family
gathering yang diikuti oleh karyawan beserta keluarganya sebagai reward atas kerja yang karyawan capai. Seperti dua tahun yang lalu mengadakan perjalanan dan
family gathering ke Pulau Bali.
Setiap
akhir tahun koperasi mengadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Pada acara RAT
tersebut karyawan dengan jumlah pembelian terbanyak di Koperasi BMKU akan
diajak out bond di luar perusahaan, untuk
tahun ini out bond diadakan di Hotel Grand
Trawas. Selain itu dalam RAT ini karyawan boleh membawa keluarga untuk ikut
menginap di hotel dan biaya di tanggung oleh perusahaan. Hal itu bertujuan
untuk membangun kebersamaan antar karyawan dan juga antar keluarga.
Setiap
memperingati hari ulang tahun PT BMKU pada bulan Juni, perusahaan menyajikan hiburan
dan terdapat doorprize bagi para buruh.
Beberapa
kegiatan yang berkaitan dengan hubungan publik internal di atas tentunya sangat
memberikan pengaruh pada kemajuan perusahaan. Family gathering bermanfaat sekali untuk mempererat hubungan antar
karyawan, direksi/manajer melalui suasana yang lebih cair dan mungkin menambah
link/kenalan dengan anggota keluarga lain. Pemberian reward atau bonus juga
tentu menambah motivasi dan daya saing yang fair
antar karyawan, antar tim untuk
menjadi terbaik. Kegiatan-kegiatan seperti itu secara tidak langsung
menciptakan iklim yang baik bagi perusahaan. Iklim yang baik dan sehat dalam
sebuah perusahaan berpengaruh pada perilaku kerja orang-orang yang ada di
dalamya sehingga nantinya perilaku itu akan berdampak pada hasil kerja mereka.
Jika hasilnya baik dan perusahaan berhasil maju, tentunya mereka-mereka yang
terlibat (publik internal-eksternal) juga merasa bangga. Misalnya si investor
pasti merasa dihargai karena itu berarti modal yang mereka tanam tidak
sia-sia.
Sumber: Bapak
Guanwan Wibisono, ST-Direktur PT. BMKU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar